TIPS BERGUNA DAN CARA BEPERGIAN KE UKRAINA

TIPS BERGUNA DAN CARA BEPERGIAN KE UKRAINA

Berbatasan dengan Rusia di timur dan Uni Eropa di barat, Ukraina adalah sebidang tanah besar yang hampir tidak ditemukan oleh pelancong rata-rata.

Baca Juga : Gosip selebriti

Petualang pemberani akan melakukan perjalanan ke Ukraina untuk mengunjungi Kiev, dan kemudian membayar kunjungan singkatke kota-kota besar lainnya seperti  Lviv  atau Odesa, tetapi seluruh negara tetap cukup tidak diketahui oleh sebagian besar dari kita.

Namun memiliki banyak hal untuk ditawarkan dan setelah menghabiskan 45 hari berkeliaran di seluruh negeri, menemukan segala sesuatu mulai dari kastil abad pertengahan yang menarik hingga fasilitas peluncuran rudal nuklir, ini adalah panduan perjalanan terbaik yang tersedia di internet, berisi semua yang perlu Anda ketahui untuk bepergian ke Ukraina,dari tips transportasihingga pengalaman terbaik, fakta budaya, visa, keselamatan, dan banyak lagi!

Pendahuluan: mengapa melakukan perjalanan ke Ukraina?

Bepergian di Ukraina adalah pengalaman unik, seperti tempat lain.

Apakah Anda tahu mengapa?

Karena di sini, Anda bisa menghabiskan berminggu-minggu mengagumi mimpi, kastil dan benteng Abad Pertengahan dan kota-kota tua yang berbentuk sempurna dan, pada saat yang sama, Anda dapat menemukan tempat-tempat paling offbeat di Eropa, mulai dari fasilitas peluncuran rudal nuklir hingga kota hantu  Prypiat,dan berbagai warisan Soviet dan Komunis.

Tidak ada satu negara lagi di Eropa di mana Anda dapat melakukan begitu banyak hal di atas dalam satu perjalanan tunggal.

Dan yang terbaik dari itu adalah bahwa, kecuali untuk beberapa tempat, sebagian besar negara tetap mentah, otentik.

Bepergian di Ukraina bisa menjadi petualangan Eropa yang nyata, seperti tempat lain di benua ini.

Cara mendapatkan visa untuk bepergian ke Ukraina

Ingatlah bahwa Ukraina tidak berada di Uni Eropa maupun daerah Schengen, sehingga aturan visa yang berbeda berlaku.

Biasanya, sebagian besar warga negara bisa mendapatkan visa gratis 90 hari pada saat kedatangan.

Saya melakukan perjalanan dengan pacar Meksiko saya dan, karena orang Meksiko bisa mendapatkan visa gratis pada saat kedatangan di benar-benar setiap negara di Eropa, kami hanya berasumsi bahwa dia tidak akan membutuhkannya untuk mengunjungi Ukraina tetapi tampaknya, dia melakukannya dan, pada saat kedatangan kami, dia dideportasi.

Kami melakukan perjalanan ke Moldova untuk mengajukan dan menunggu visanya yang, omong-omong, memakan waktu hampir dua minggu, ditambah dia harus menyerahkan banyak dokumen,  dari asuransi perjalanan ke tiket penerbangan atau kereta api ke luar negeri.

Bagaimanapun, di sini Anda memiliki informasi lebih lanjut tentang proses yang menyakitkan ini.


Waktu terbaik untuk mengunjungi

Mengunjungi Ukraina di musim dingin

Musim dingin mematikan – seperti yang sudah Anda ketahui – tetapi jika Anda hanya berencana untuk mengunjungi Kiev,  Lviv atau kota besar lainnya, selama Anda mengenakan pakaian yang tepat, Anda harus baik-baik saja. Bagaimanapun, bepergian di Ukraina, di musim dingin, di atas kereta Soviet bisa menjadi pengalaman yang unik.

Mengunjungi Ukraina di musim panas

Saya melakukan perjalanan selama dua minggu terakhir bulan Agustus dan, sedangkan  Lviv  sebagian besar baik-baik saja, pedesaan itu benar-benar panas, dengan suhu sekitar 30-35ºC.

Mengunjungi Ukraina di musim semi dan musim gugur

Musim terbaik untuk mengunjungi Ukraina. Tidak begitu panas, tidak begitu dingin. Saya menghabiskan seluruh bulan Oktober di negara ini dan warna berada di yang terbaik, benar-benar indah.

Buku terbaik untuk perjalanan mandiri di Ukraina

Panduan perjalanan oleh Bradt

Buku panduan terbaik adalah, sejauh ini, yang ditulis oleh Bradt, karena mereka memberikan begitu banyak detail tentang masing-masing dan setiap wilayah di negara ini, termasuk banyak menyebutkan permata offbeat nyata dan tips perjalanan yang mendalam dan berguna untuk Ukraina.

Panduan perjalanan Ukraina oleh Lonely Planet

Pembelian yang baik juga, tetapi saya lebih suka Bradt,karena Lonely Planet tidak mendapatkan yang jauh ke dalam tujuan yang berbeda.

Suara dari Chernobyl oleh Svetlana Alexievich

Jika Anda mengunjungi Ukraina, itu berarti Bahwa Anda dapat mengunjungi Chernobyl juga dan, untuk itu, saya sarankan Anda mendapatkan buku ini, ditulis oleh penulis pemenang hadiah Nobel, kompilasi kesaksian yang terkait langsung dengan bencana. Buku yang berguna bagi siapa saja yang ingin berempati dengan semua korban.

Mengapa mengunjungi Ukraina: 5 pengalaman terbaik

Hanya sekilas kecil dari beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda melakukan perjalanan ke Ukraina:

1 – Jelajahi salah satu kota terbesar di Eropa

Kiev adalah kota yang menakjubkan dengan banyak hal untuk dilihat, banyak yang harus dilakukan dan begitu banyak yang terjadi.

Saya menghabiskan dua minggu di ibukota dan mereka adalah hari-hari terbaik dalam perjalanan saya.

Dari gereja-gereja epik hingga tempat-tempat Soviet yang aneh dan kehidupan malam yang hebat, Kiev adalah kota yang ingin Anda kembalikan.

2 – Berkeliaran di sekitar desa pegunungan terpencil di Carpathians

Jika Anda ingin mengunjungi dan melihat kehidupan pedesaan yang otentik, pergilah ke Carpathians dan habiskan beberapa hari mendaki dari desa ke desa.

Gunung-gunung itu cantik dan wilayah ini tidak pernah memiliki banyak paparan ke dunia luar, bahkan selama Uni Eropa, karena tanah-tanah terpencil ini sulit dikendalikan.

3 – Lihatlah kastil impian & kota-kota tua yang lucu di Ukraina Barat

Sebagian besar Ukraina Barat dulunya milik Kekaisaran Austro-Hungaria dan kemudian ke Polandia, sehingga mudah untuk memahami mengapa mereka memiliki begitu banyak kastil, dan berbagai kota dan desa memiliki arsitektur seperti Eropa Tengah.

4 – Hormati korban di Zona Pengecualian Chernobyl

Anda sudah tahu tentang Chernobyl, jadi saya tidak akan masuk ke rincian, tetapi zona pengecualian adalah 150km utara Kiev dan, meskipun menjadi terlalu populer dan jenis turis, ada baiknya untuk pergi dan melihat dengan mata Anda sendiri konsekuensi dari salah satu bencana manusia terburuk dalam sejarah kita.

5 – Kunjungi fasilitas peluncuran rudal nuklir

Sebuah fasilitas peluncuran rudal nuklir Soviet tua telah berubah menjadi museum yang mengagumkan di mana, selain memeriksa semua gudang senjata nuklir militer, Anda dapat masuk ke salah satu silo dan ruang kontrol bawah tanah.

Cara melakukan perjalanan ke Ukraina

Melalui udara – Baik  Lviv dan Kiev memiliki penerbangan harian ke hampir semua negara di Eropa dan tidak sulit untuk menemukan penerbangan anggaran.

Melalui darat – berbagi perbatasan dengan:

  • Uni Eropa: Hongaria, Rumania, Polandia, dan Slowakia. Melintasi perbatasan ini harus sangat mudah, tanpa prosedur rahasia.
  • Belarus:  Anda dapat menyeberangi perbatasan tetapi menyadari bahwa visa pada saat kedatangan (untuk Belarus) hanya tersedia jika Anda terbang masuk & keluar dari  Minsk  jadi, jika Anda ingin masuk / keluar Ukraina melalui Belarus, Anda perlu mengajukan permohonan visa Belarusia di kedutaan.
  • Moldova: Perbatasan yang tak terhitung jumlahnya untuk dipilih tetapi kebanyakan orang tampaknya lebih suka naik kereta dari Odesa ke Chisinau. Saya pribadi memasuki Ukraina dari perbatasan Moldova utara, dekat Chernivtsi, dalam perjalanan ke Carpathians. Baca panduan  perjalanan Moldova saya.
  • Rusia: Meskipun konflik sedang berlangsung, perbatasan terbuka. Periksa laporan  ini untuk mengetahui cara melakukannya.

Melalui laut – Ada kemungkinan bepergian ke Ukraina dengan feri dari Batumi (Georgia) ke Odesa. Ada dua perusahaan yang menawarkan layanan ini,  Ukrferry, dan Ferrysped, dan jadwal terperinci dapat ditemukan di situs webmereka. Biaya tiket  sekitar  100USD. Baca panduan  perjalanan saya ke Georgia.

Asuransi perjalanan untuk Ukraina

Seperti biasa, jangan lupa untuk melakukan perjalanan ke Ukraina dengan asuransi perjalanan yang tepat, dan saya sarankan Anda mendapatkan Nomads  Dunia karena alasan berikut:

  • Satu-satunya perusahaan yang menyediakan anggaran medis tanpa batas
  • Anda dapat memesannya saat di jalan
  • Ini mencakup jumlah kewarganegaraan terbesar

 

Ukraina dan Rusia: Apa yang sedang terjadi

Ukraina bukan Rusia dengan cara yang sama bahwa Kanada bukan Amerika Serikat atau Selandia Baru bukan Australia.

Tentu, mereka berbagi sepotong sejarah yang baik dan beberapa aspek budaya, tetapi Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu di negara itu untuk menyadari bahwa mereka memang sangat berbeda, terutama ketika Anda melakukan perjalanan di Ukraina Barat, yang bukan bagian dari Ussr sampai akhir PD II.

Orang Ukraina sangat sensitif pada topik ini, sejauh mereka bahkan tersinggung ketika Anda menulis Kiev alih-alih Kyiv, karena Kiev adalah transliterasi Rusia langsung, meskipun kedua istilah diterima dalam bahasa Inggris.

Perang Ukraina-Rusia

Hari ini, seperti yang Anda ketahui, ada konflik yang sedang berlangsung antara Ukraina dan Rusia.

Ini adalah perang yang sebenarnya.

Pada tahun 2014, Rusia menganeksasi Krimea  untuk diri mereka sendiri dan ya, Crimea bukan bagian dari Ukraina lagi.

Peta mereka telah berubah dan peta Ukraina apa pun di mana Anda melihat Krimea, sudah ketinggalan zaman – sayangnya.

Saat ini, konflik yang sedang berlangsung terjadi di wilayah lain bernama Donbas, wilayah bersejarah di Ukraina timur, hari ini meliputi provinsi Donetsk dan Lugansk (oblasts).

Sebagian besar orang yang tinggal di provinsi-provinsi ini secara etnis Rusia dan, setelah Krimea dianeksasi ke Rusia, orang-orang pro-Rusia ini menyatakan kemerdekaan mereka dari Ukraina dan masalah muncul ketika Rusia memutuskan untuk mendukung pemberontak.

Saya tidak tahu apa akhir dari ini akan ini tetapi peta Ukraina mungkin diubah lagi dalam beberapa tahun ke depan.

Ini adalah alasan mengapa, di seluruh Ukraina, terutama di Barat, orang-orang benar-benar membenci Pemerintah Rusia dan tidak menyukainya ketika orang asing mengidentifikasi budaya Ukraina sebagai varian atau perpanjangan bahasa Rusia belaka, jadi waspadalah terhadap itu.

Budaya, manusia, bahasa, dan agama

Ukraina modern seperti yang diketahui saat ini, dengan perbatasannya saat ini belum pernah ada sebelum negara itu mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1991.

Selama berabad-abad, berbagai bagian negara telah diperintah oleh peradaban yang berbeda, dari Kievan Rus – sebuah federasi yang ditemukan oleh orang-orang Slavia yang Ukraina, Rusia, dan Belarus mengklaim nenek moyang budaya mereka berasal – ke Kerajaan Galicia-Volhynia  –  yang dulunya merupakan bagian dari Kekaisaran Austro-Hungariadan kemudian Polandia dan itu hanya dianeksasi ke USSR setelah Perang Dunia II.  

Orang Ukraina mengklaim bahwa budaya modern mereka secara langsung berasal dari Kievan  Rus dan Kerajaan Galicia, sehingga budaya tradisional mereka adalah campuran timur dan barat – yah, bukan yang barat tetapi Eropa Tengah – dan pakaian tradisional  mereka  bernama vyshyvanka, yang juga dikenakan di Belarus dan sangat mirip dengan yang Polandia danMoldova.

Selama hari kemerdekaan ,kadang-kadang pada akhir Agustus, saya melihat bahwa banyak orang Ukraina mengenakan  vyshyvanka.

Orang-orang: Ukraina

Beberapa pelancong mengatakan bahwa orang Ukraina serius, atau bahwa mereka kadang-kadang tidak bersahabat, tetapi ini hanya sikap Klasik Soviet, terlihat di bekas negara Soviet lainnya juga.

Ya, beberapa dari mereka memang terlihat serius tetapi, begitu Anda mengenal mereka, orang Ukraina adalah orang-orang hebat dan sangat ramah juga, terutama di daerah pedesaan.

Di Carpathians, misalnya, kami secara acak diselenggarakan oleh beberapa penduduk setempat yang mengikuti kami di Instagram dan tingkat keramahan mereka sebanding dengan yang Anda alami ketika bepergian di Iran  😉

Bahasa

Bahasa Ukraina adalah bahasa resmi dan, untuk memahami bagaimana perbedaannya dengan bahasa Rusia, mengambil bahasa Spanyol dan Portugis sebagai contoh.

Banyak orang Portugis memahami bahasa Spanyol dan sebaliknya karena kedua bahasa sangat dekat tetapi sangat berbeda pada saat yang sama, sama seperti dengan Ukraina dan Rusia.

Bahasa Rusia, bagaimanapun, secara luas digunakan di seluruh negeri dan, di Donbas dan Krimea itu juga diakui sebagai bahasa resmi bersama dengan Ukraina.

Di Ukraina Barat, Bahasa Ukraina adalah bahasa yang berlaku.

By the way, Ukraina menggunakan alfabet Sirilik dan jika Anda belum bisa membacanya, saya sangat menyarankan Anda mempelajarinya, karena itu akan menjadi pengubah permainan nyata untuk bepergian di Ukraina.

Agama

Sebagian besar orang Ukraina termasuk dalam Gereja Ortodoks dan mereka menegaskan bahwa ini adalah Gereja asli  Kievan  Rus kuno.

Sesuatu yang mengejutkan saya tentang Ukraina adalah bahwa agama memainkan peran yang sangat penting dalam masyarakat mereka, lebih dari negara Eropa lainnya yang pernah saya datangi.

Di kota-kota kecil, gereja-gereja dikemas dengan orang-orang muda selama ke layanan hari Minggu dan di kota-kota besar seperti Kiev atau Lviv, sementara generasi muda tidak benar-benar mempraktikkan agama mereka, mereka percaya kepada Tuhan, umumnya berbicara.

Mengunjungi gereja-gereja tak berujung dan kompleks Ortodoks yang menakjubkan akan selalu menjadi salah satu sorotan dari setiap panduan perjalanan Ukraina dan saya sangat merekomendasikan Anda pergi ke Pochaiv, biara paling suci kedua di negara itu, setelah Kiev Lavra, tetapi yang di Pochaiv lebih baik, karena alasan sederhana bahwa itu lebih besar dan terletak di daerah pedesaan, mistis.

Makanan di Ukraina

Masakan Ukraina bukanlah puncak negara tetapi tidak apa-apa, tidak buruk sama sekali.

Kadang-kadang sulit untuk menentukan hidangan mana yang ukraina dan mana yang Rusia, karena Anda dapat menemukannya di kedua negara tetapi dalam hal apapun, masakan Ukraina lezat dan dibuat untuk memberi makan massa.

Beberapa makanan Ukraina yang cenderung Anda cicipi selama perjalanan Anda

  • Borsch – Makanan nasional yang paling mereka banggakan adalah  borsch, sup bit yang banyakdimakan di semua bekas Ussr, tetapi orang menegaskan dan menegaskan kembali itu berasal dari Ukraina, dan saya percaya mereka, karena borsch tidak ada tempat lain seperti yang tersedia seperti pada menu Ukraina; yah mungkin di Belarus juga. Borsch adalah cara untuk pergi dan secara tradisional disajikan dengan krim asam dan dengan sesuatu bernama  salo.
  • Salo –  Irisan lemak babi, sangat asin dan sangat populer. Menemukan kelezatan nyata tapi aku tidak menyukainya.
  • Varenyky –  Ketika Anda tidak tahu apa yang harus dipesan, Anda memesan  varenyky,pangsit klasik tersedia di banyak negara Slavia, tetapi mereka selalu berbeda dalam bentuk, mengisi dan memiliki nama yang berbeda.  Varenyky Ukraina  biasanya diisi dengan  brynza  (keju lokal) atau kentang.
  • Syrniki –  Biasanya dimakan untuk sarapan atau makan siang, ini adalah beberapa pancake kecil, tebal, lokal yang diisi dengan keju cottage, tetapi mereka juga dapat mengandung apel dan bahan-bahan lainnya.
  • Ayam Kyiv – Ini aneh, dan bukan favorit saya, tetapi sangat tradisional. Ini terdiri dari ayam goreng yang diisi dengan mentega susu dan rempah-rempah. Bom sungguhan.
  • Dan masih ada lagi.
  • Restoran lokal di kota-kota besar akan memiliki banyak pilihan lain tetapi, di daerah pedesaan, pilihannya akan terbatas pada borsch dan varenyky.
  • Saya pernah memiliki borsch + varenyky selama 4 hari berturut-turut!
  • Kemudian, di bagian Barat negara itu, karena daerah itu dulunya merupakan bagian dari Kekaisaran Austro-Hungaria dan kemudian Polandia, hidangan tradisional lebih Eropa Tengah, sehingga Anda menemukan hal-hal seperti goulash, sedangkan di Carpathians, Anda menemukan hidangan Moldova dan Rumania seperti  banusz.
  • Blog ini murni tentang makanan Ukraina dan memiliki beberapa informasi yang sangat baik.

Apakah aman untuk melakukan perjalanan ke Ukraina?

Karena peristiwa baru-baru ini, beberapa orang mungkin menganggap Ukraina sebagai tujuan berbahaya untuk bepergian tetapi percayalah, itu tidak.

Protes Maidan (2014)

Pada 2014, Kiev menyaksikan serangkaian protes terhadap Pemerintah yang berlangsung selama lebih dari 3 bulan, yang mengakibatkan beberapa demonstran damai dibunuh oleh polisi.

Itu gila dan semacamnya adalah gravitasi dari protes dan penindasan itu, bahwa mereka ada di seluruh berita internasional selama berminggu-minggu.

Selama 3 bulan itu, bepergian ke Kiev tidak dianjurkan, tentu saja, tetapi ini adalah episode terakhir yang berakhir dengan Perdana Menteri Yanukovych melarikan diri dari negara itu dan perayaan pemilihan baru

Perang Donbas

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ada konflik yang terjadi di Donetsk dan Lugansk, di mana menurut PBB, lebih dari 13.000 orang telah meninggal pada 2019.

Perang, bagaimanapun, hanya mempengaruhi dua provinsi itu, tidak melampaui mereka dan, bahkan jika Anda ingin pergi ke sana, Anda tidak bisa karena orang asing tidak diizinkan lagi.

Selain itu, selain semua hal terkait kejahatan biasa, seperti pencopetan, yang terjadi di kota mana pun – atau masalah dengan pengantin Ukraina, tetapi itu adalah cerita lain – bepergian aman, sangat aman, dan setiap orang Ukraina akan memberi tahu Anda.

Uang di Ukraina

Mereka menggunakan Hryvnia Ukraina (UAH)  dan, kira-kira,  1 € = 26UAH.

Kartu kredit umumnya diterima di mana saja dan sebagian besar bank akan menerima kartu internasional, meskipun mereka cenderung mengenakan biaya kecil.

Berapa biaya untuk bepergian di Ukraina?

Sesuai biaya, Ukraina adalah negara murah untuk bepergian, terutama karena mata uang mereka telah mendevaluasi secara besar-besaran sejak krisis Krimea, ketika 1 € dulu sama dengan 10UAH.

Anggaran backpacking :

Dengan asumsi Anda tinggal di asrama dan makan di kafetaria anggaran, Anda dapat dengan mudah melakukan perjalanan di Ukraina seharga € 25sehari.

Biaya umum (perkiraan.)

  • Asrama di hostel murah: 200 UAH (7 €)
  • Budget apartment in Kiev or Lviv: mulai dari 600 UAH (25€)
  • Makanan lokal di kafetaria: 100UAH (3-4 €)
  • Bir lokal: 40UAH(1,50 €)
  • Kereta malam dari Lviv  ke odesa kelas ekonomis: 200 UAH (7 €)


Kiat transportasi: Cara berkeliling Ukraina

Negara ini besar tetapi sistem transportasi umumnya bagus, yang membuat perjalanan di Ukraina cukup mudah.

Dengan kereta api

Soviet melatih yang terbaik. Cara luar biasa untuk melihat luasnya negara.

Jika Anda telah melakukan perjalanan di negara-negara Soviet lainnya seperti Kazakhstan,  Uzbekistan atau Rusia itu sendiri, sistem kereta mereka tidak  banyak  bervariasi. Bahkan, itu sama.

Anda bisa sampai ke hampir semua kota tetapi memesan tiket Anda terlebih dahulu, terutama selama musim dingin, karena yang murah cepat habis.

Ada berbagai jenis gerbong tetapi sistem Soviet memiliki 3 kelas:

  • berlabuh: tidak ada kompartemen tetapi tempat tidur susun ditempatkan di seluruh gerbong.
  • kompartemen: kompartemen 4 tempat tidur.
  • deluxe: kompartemen mewah 2 tempat tidur.

Jika Anda belum pernah naik kereta Soviet, saya sarankan Anda bepergian di tempat berlabuh.

Jika Anda bertanya-tanya, kelas ekonomis di Ukraina (berlabuh) tidak seperti di India atau Sri Lanka, bahkan tidak dekat. Mereka memberi Anda sprei bersih dan tempat tidur relatif nyaman.

Anda dapat memeriksa harga, waktu, dan memesan tiket Anda di tautan ini  (situs resmi pemerintah).

Oleh marshrutka

Marshrutka berarti minivan dalam bahasa Rusia dan Anda dapat menggunakannya ketika pergi ke kota-kota kecil.

Jika Anda menghitung berdasarkan kilometer, itu jauh lebih mahal daripada bepergian dengan kereta api dan sekitar 5 kali lebih tidak nyaman, tetapi jika Anda semakin jauh ke Ukraina, ini mungkin satu-satunya pilihan Anda lebih sering daripada yang Anda pikirkan.

Dengan bus

Rupanya, bus juga berjalan di antara kota-kota besar tetapi saya tidak melihat alasan yang baik untuk membawanya, selain ketika tiket kereta api ke tujuan Anda terjual habis tetapidalam hal apapun , untuk jarak jauh, juga disarankanuntuk memesan tiket Anda terlebih dahulu.

Internet di Ukraina

Ukraina memiliki cakupan 4G yang luar biasa dan mendapatkan Kartu SIM sangat mudah, karena mereka bahkan tidak meminta paspor saya.

Baca Juga : info selebriti

Saya pribadi membeli Lifecell,tetapi  Kyivstar tampaknya menjadi yang paling populer.

Harga sangat murah dan saya pikir saya membayar sekitar 75UAH (3 €) untuk Sim Card yang dikemas dengan data 4GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *